SW Indonesia Berpartisipasi Aktif dalam Mendukung Keberlanjutan Profesi Akuntan Publik

CPA Days 2023 adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Kegiatan bertema “Be a Trusted, Stylish and Inspiring Professional” ini merupakan bagian dari upaya IAPI menjaga keberlanjutan profesi Akuntan Publik di Indonesia. Kegiatan ini diadakan pada 6 hingga 7 September 2023 di Auditorium Gedung D Universitas Trisakti, Jakarta Barat.

Kegiatan CPA Days 2023 ini bertujuan untuk memotivasi generasi muda sebagai penerus profesi akuntan publik agar memiliki kompetensi yang mumpuni dan mampu menjaga nama baik profesi akuntan publik di Indonesia di masa mendatang.

Hendang Tanusdjaja, selaku Ketua Umum IAPI berharap dengan diselenggarakannya kegiatan CPA Days 2023 ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda serta dapat mengakar dengan kuat demi keberlanjutan profesi akuntan publik di Indonesia.

“Mahasiswa sebagai tunas muda penerus profesi akuntan diharapkan memiliki kemampuan yang mumpuni, baik hard skills yang berkaitan dengan kompetensi akademisi maupun kompetensi soft skills”, ujar Hendang.

SW Indonesia menyambut baik penyelenggaraan kegiatan CPA Days 2023 ini dan turut berpartisipasi secara aktif sebagai sponsor untuk kegiatan tersebut. Selain itu, SW Indonesia juga memberi kontribusi berupa perwakilan narasumber SW Indonesia dalam talkshow “Build the Style for Your Professional Career” yakni CEO SW Indonesia sekaligus Dewan Pengawas IAPI Michell Suharli.

Dalam talkshow tersebut, Michell menyebutkan bahwa pencapaian seorang profesional tidak terlepas dari keberuntungan. Namun keberuntungan tidak datang begitu saja. Generasi muda perlu untuk melakukan persiapan dengan rajin mempelajari literatur sebagai bentuk inner beauty dalam profesi dan menunjukkan kompetensi diri.

“Tidak cukup hanya dengan inner beauty, kita juga perlu menunjukkan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dalam membangun network, cara berpakaian rapi dan enak dipandang juga menjadi aspek penilaian sehingga melalui upaya tersebut, kita dapat menunjukkan kontribusi nyata kita terhadap dunia dan memperoleh kesempatan-kesempatan emas dalam membangun karir yang profesional”, ujar Michell dalam talkshow.

Selain Michell Suharli, talkshow ini juga dihadiri oleh para praktisi profesional dalam dunia akuntan, diantaranya Audit & Assurance Partner dari BDO Indonesia Julio Jayawardhani, HR Business Partner & Campus Relation dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Amanda R. Callista dan Managing Director dari ACCA Asia Pacific Pulkit Marcus Abrol. Talkshow ini dimoderasi oleh Direktur Eksekutif dari IAPI Retty Setiawan.

Selain talkshow, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara lain. Mulai dari penayangan film, diskusi terbuka oleh ICAEW – badan akuntan internasional serta seminar “Accounting and Audit Consideration for Climate-related Risks” yang menghadirkan narasumber-narasumber profesional.

Puncak dari acara ini adalah kompetisi akuntansi dan audit bagi para mahasiswa di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dari berbagai penjuru perguruan tinggi. Selain itu, kompetisi ini diharapkan mampu memotivasi diri dengan pengadaan persaingan sehat dan menjaga keberlanjutan profesi akuntan yang profesional dan berkualitas di Indonesia.

Author

  • SW Indonesia

    As the webmaster and author for SW Indonesia, I am dedicated to providing informative and insightful content related to accounting, taxation, and business practices in Indonesia. With a strong background in web management and a deep understanding of the accounting industry, my aim is to deliver valuable knowledge and resources to our audience. From articles on VAT regulations to tips for e-commerce taxation, I strive to help businesses navigate the complexities of the Indonesian tax system. Trust SW Indonesia as your go-to source for reliable and up-to-date information, empowering you to make informed decisions and drive success in your business ventures.