THREE ROLES: TIGA PERAN SW INDONESIA MENDUKUNG BISNIS NASIONAL BERKELANJUTAN

Keberhasilan dan keberlanjutan usaha selama tiga tahun terakhir oleh SW Indonesia tentu tidak terlepas dari penetapan peran yang tepat dalam mengarungi industri akuntansi nasional. SW Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha baik perusahaan dalam negeri maupun multinasional serta terus mendukung bisnis nasional yang berkelanjutan melalui peran-peran yang dijalankan oleh perusahaan.

Melalui refleksi perjalanan bisnis dan visi misi yang diarahkan oleh para pemangku kebijakan, SW Indonesia konsisten untuk mengeksekusi inisiatif-inisiatif Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan menanamkan aspek sociopreneurship. Jiwa sociopreneurship perlu terus ditumbuhkan karena memiliki tujuan yang luhur yakni membantu kehidupan sosial masyarakat dengan berkontribusi melalui kegiatan usaha dan aktivitas profesional bergaya kewirausahaan.

Tema “Sailing to The Blue Ocean” menjadi tujuan dan harapan SW Indonesia untuk menjalankan perannya sebagai salah satu Kantor Akuntan Publik (KAP) terkemuka di Indonesia juga mengedepankan prinsip 4R (Responsive, Relevant, Reliable, and Research). Untuk mencapai itu, SW Indonesia tetap berfokus memposisikan diri dalam tiga peran dalam mendukung bisnis nasional yang berkelanjutan

ARCHIPELAGO NETWORK

Sebagai firma akuntansi, SW Indonesia tergabung dalam jaringan bisnis SW internasional yang tersebar di 19 negara di dunia dengan lebih dari 95 kantor cabang yang saling terafiliasi. Jaringan bisnis internasional ini tentu telah berhasil memaksimalkan relasi baik dari sisi profesional yang saling bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik maupun dari sisi hubungan dengan klien secara global.

Meskipun telah berhasil membangun ekosistem yang baik di kancah internasional, SW Indonesia tetap tidak lupa untuk terus memberikan sentuhan lokal dalam penyediaan jasa audit & asurans, akuntansi, perpajakan, dan penasehat bisnis hingga seluruh daerah yang tersebar di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Komitmen ini juga direfleksikan melalui pengembangan kantor cabang SW Indonesia yang hingga saat ini telah berkembang menjadi empat kantor yakni di Jakarta, Tangerang, Surabaya, dan Bali.

Peran archipelago network atau jaringan nusantara yang ingin terus diemban oleh SW Indonesia ini diharapkan dapat membawa dampak yang baik bagi seluruh insan SW Indonesia. Komitmen ini dapat diupayakan semaksimal mungkin menghadirkan firma akuntansi yang menjunjung tinggi semangat pembangunan bisnis berkelanjutan di seluruh wilayah nusantara. 

Kantor Jakarta merefleksikan SW Indonesia yang turut hadir di ibukota pusat bisnis dan perdagangan Indonesia, sekaligus ekosistem bisnis di Indonesia. Kantor Tangerang berperan sebagai kantor pendukung baik untuk jasa audit, asurans dan non-asurans, dimana tetap mampu menjangkau wilayah Jabodetabek sebagai wilayah prioritas dalam menjalankan usaha. Kantor Surabaya mendukung jangkauan penyediaan jasa bagi wilayah Indonesia hingga bagian timur, serta kantor Bali yang merefleksikan optimisme SW Indonesia terhadap peluang besar pembangunan ekonomi wilayah Bali sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling dikenal oleh Warga Negara Asing (WNA).

INVESTMENT GATEWAY

Investasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pembangunan dan ekonomi suatu negara, tidak terkecuali di Indonesia. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara berkembang dengan demografi terpadat yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbuka. Bahkan pemerintah sendiri berkomitmen untuk memperbaiki daya saing dan iklim investasi sehingga dapat meningkatkan investasi asing masuk ke dalam negeri.

SW Indonesia terus mendukung program dan visi misi pemerintah melalui semangat dan optimisme untuk membangun ekonomi nasional yang berkelanjutan dengan mengemban peran sebagai gerbang investasi di Indonesia. Indonesia sebagai negara yang tengah berkembang secara ekonomi dan teknologi memiliki kesempatan besar untuk memperkenalkan dan memamerkan inovasi dan teknologi industri terbaru bagi investor asing.

Peran SW Indonesia sebagai investment gateway atau gerbang investasi bertujuan untuk mendukung kelancaran investasi di Indonesia melalui kekayaan sumber daya yang melimpah dan lokasi yang strategis. SW Indonesia melihat hal tersebut sebagai kelebihan dan peluang yang baik bagi investor dalam negeri dan luar negeri yang menyatakan komitmen investasinya di Indonesia. SW Indonesia siap untuk mendukung kelancaran investasi tersebut melalui penyediaan jasa menyeluruh (one stop solution) bagi perusahaan-perusahaan dalam negeri maupun multinasional.

ASIA-PACIFIC BUSINESS HUB

Indonesia merupakan negara yang berada di jalur perdagangan dunia khususnya di Asia Pasifik. Ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk melayani pasar utama dunia dan menjalin interaksi sosial dan budaya dengan negara-negara lain dari seluruh dunia.

SW Indonesia percaya bahwa sebagai salah satu kantor firma akuntansi di Indonesia dapat mengambil peran untuk berkontribusi menjadi Asia-Pacific Business Hub atau penghubung bisnis bagi negara-negara di dunia, khususnya di wilayah Asia Pasifik. Tidak hanya sebagai penghubung, SW Indonesia juga dapat bekerjasama untuk mencapai tujuan bisnis dan menyelaraskan budaya dalam lingkup profesional.

Keberhasilan kerja sama tersebut perlu didukung dengan adanya profesi penunjang profesional dan berpengalaman dalam menyelaraskan budaya lintas negara dan tujuan masing-masing pihak dalam bekerjasama. SW Indonesia siap mendukung keberhasilan kerja sama tersebut melalui penyediaan jasa Finance Accounting and Tax (FAT) dan konsultasi bisnis lainnya baik mulai dari proses persiapan, eksekusi hingga berjalannya kerja sama terkait.

Ketiga peran SW Indonesia dipandang menjadi salah satu kunci kesuksesan yang ditetapkan oleh para pemangku kebijakan. Hingga 3 tahun ini, SW Indonesia turut mendukung tujuan bisnis dan mencapai kepuasan bagi klien, baik lokal maupun asing, khususnya Republik Rakyat Tiongkok. Kedepannya, SW Indonesia akan terus mengedepankan ketiga peran tersebut dalam menghadapi tantangan global dan terus mendukung bisnis yang berkelanjutan.

Author

  • SW Indonesia

    As the webmaster and author for SW Indonesia, I am dedicated to providing informative and insightful content related to accounting, taxation, and business practices in Indonesia. With a strong background in web management and a deep understanding of the accounting industry, my aim is to deliver valuable knowledge and resources to our audience. From articles on VAT regulations to tips for e-commerce taxation, I strive to help businesses navigate the complexities of the Indonesian tax system. Trust SW Indonesia as your go-to source for reliable and up-to-date information, empowering you to make informed decisions and drive success in your business ventures.