USUNG TEMA “SAILING TO THE BLUE OCEANS: A FOOTPRINTS SOCIOPRENEURS”, SW INDONESIA FOKUS DUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

SW Indonesia baru saja merayakan tiga tahun perjalanan bisnis pada Selasa (10/10). Tiga tahun SW Indonesia dirayakan melalui kegiatan doa lintas enam agama oleh insan SW Indonesia di masing-masing tempat ibadah, pengibaran bendera SW dan Merah Putih di dasar laut, perayaan misa syukur, pemotongan tumpeng dan ditutup dengan makan siang bersama yang dilakukan di empat kantor SW Indonesia yakni Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Bali.

Berdiri pada masa pandemi 10 Oktober 2020, pada tahun ketiga ini SW Indonesia berkomitmen membantu penyelesaian masalah-masalah sosial dan mengedepankan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan kewirausahaan atau sociopreneurship. Tema tiga tahun diangkat dari hasil refleksi visi misi SW Indonesia untuk hadir sebagai perusahaan yang tidak mengedepankan persaingan namun untuk melengkapi dengan bersinergi dan berkolaborasi. Strategi berlayar di samudera biru diyakini para pemangku kebijakan akan membuat SW Indonesia mampu menjaga kualitas layanannya di tengah persaingan peringkat dan harga.

Sebagai organisasi bisnis yang dirancang membentuk sociopreneurship, SW Indonesia konsisten mengeksekusi inisiatif-inisiatif Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Di tiga tahun perjalanan bisnisnya, SW Indonesia mengedepankan tiga inisiatif keberlanjutan yaitu  berkontribusi mengatasi masalah kelaparan (zero hunger) yang menyebabkan stunting, mengupayakan pendidikan berkualitas (quality education), dan menjaga kehidupan bawah air (life below water).

Seluruh program dengan semangat berkelanjutan ini menjadi tujuan SW Indonesia dalam mewujudkan 3P yakni People, Planet and Profit yang diharapkan membawa impak terhadap lingkungan. Tema ‘Sailing to The Blue Oceans’ merupakan kelanjutan tema dua peringatan sebelumnya. Tema ulang tahun pertama 10 Oktober 2021, ‘We Contribute, Therefore We Are’ dan tema ulang tahun kedua 10 Oktober 2022, ‘We Resilience, We Survive, and We Are Growing’.

Hari Jadi SW Indonesia Pertama: We Contribute, Therefore We Are

Refleksi perjalanan bisnis pertama di tahun 2021 sekaligus menjadi tonggak sejarah bagi SW Indonesia. SW Indonesia sebagai firma akuntansi nusantara ingin berkontribusi untuk membawa Indonesia ke dunia internasional melalui pendekatan lokal. Maka sebagai bentuk kontribusi nyata, SW Indonesia melaksanakan vaksinasi massal secara gratis selama 10 bulan tanpa henti sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi dunia yang dilanda pandemi COVID-19. 

Tidak berhenti sampai di situ, SW Indonesia juga ikut mengirimkan bantuan kepada para korban bencana alam mulai dari dana, pakaian, sembako hingga turun langsung membangun tenda untuk posko darurat. Perayaan satu tahun hari jadi saat itu dirayakan dalam balutan busana daerah yang semarak untuk membangun optimisme di tengah kekhawatiran akan kondisi dunia dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Hari Jadi SW Indonesia Kedua: We Are Resilience, We Are Survive, and We Are Growing

Tema tahun kedua pada 2022 diangkat sebagai bentuk syukur perjalanan bisnis SW Indonesia yang telah berhasil bertahan dan selamat dari era kejatuhan pascapandemi. Atas kerja keras seluruh insan SW Indonesia dan para pemangku kebijakan, SW Indonesia berhasil mempertahankan seluruh karyawannya selama pandemi dengan tetap terus menjalin relasi dengan klien dan menjaga kualitas jasanya. 

Selamat dari masa yang penuh ketidakpastian membuat SW Indonesia ingin tetap terus bertumbuh dan bangkit melalui kegiatan-kegiatan berdampak seperti aksi kolaborasi kebersihan lingkungan, mendukung program ketahanan pangan yang digaungkan pemerintah dengan ikut menanam 1.500 bibit tumbuhan pangan dan penahan longsor serta kolaborasi mengupayakan sanitasi dan air bersih bagi warga yang kesulitan air.

Dilihat dari tahun pendirian, tema-tema perayaan hari jadi SW Indonesia konsisten dirayakan melalui kegiatan kontributif bagi penyelesaian masalah sosial masyarakat. Di tahun ini, SW Indonesia unjuk kebolehan melalui kesuksesan penyelenggaraan kegiatan SW International Partner Conference 2023 di Jakarta. Selain menuai pujian dari berbagai pihak di kalangan internasional, kegiatan ini juga membuka relasi yang lebih luas dengan pihak internasional baik klien maupun jaringan anggota SW secara global.

SW Indonesia tidak melakukan semuanya sendirian, melainkan membangun kemitraan dan kolaborasi strategis untuk mendukung kesuksesan pencapaian Environment Social Governance (ESG). SW Indonesia juga ikut dalam kegiatan kolaborasi pemberdayaan desa Suana di Nusa Penida melalui empat program tanggung jawab sosial yakni: pembersihan dan perbaikan Puskesmas, pembersihan dan edukasi program ‘Perilaku Hidup Bersih dan Sehat’ di sekolah, budidaya & inovasi rumput laut dan pembangunan sumur di Puskesmas.

Author

  • SW Indonesia

    As the webmaster and author for SW Indonesia, I am dedicated to providing informative and insightful content related to accounting, taxation, and business practices in Indonesia. With a strong background in web management and a deep understanding of the accounting industry, my aim is to deliver valuable knowledge and resources to our audience. From articles on VAT regulations to tips for e-commerce taxation, I strive to help businesses navigate the complexities of the Indonesian tax system. Trust SW Indonesia as your go-to source for reliable and up-to-date information, empowering you to make informed decisions and drive success in your business ventures.